Sunday, November 2, 2014

CERMIN


CERMIN
Amsal 27:19
“Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu.”

Sifat dan fungsi cermin adalah memantulkan kembali obyek apa saja yang ada didepannya secara sempurna. Dan apabila kita berada didepan cermin, maka cermin akan memantulkan kembali kepada kita keberadaan diri kita yang saat itu berada didepannya dengan apa adanya.

Apabila kita tersenyum didepan cermin, maka cermin akan memantulkan senyuman kita yang manis kepada kita yang berada didepannya. Dan apabila kita menangis dihadapan cermin, maka cermin akan memantulkan dengan sempurna wajah kita yang bersedih, mata memerah dan berlinang air mata dengan apa adanya pula.
Dan jika kita menunjukkan muka masam, kemarahan dan kebengisan dimuka cermin, maka yang nampak adalah muka yang sungguh tidak enak untuk dilihat, dan muka yang tidak enak dilihat itu adalah diri kita sendiri yang sedang berdiri didepan cermin.

Mungkin dengan make up kita dapat menyamarkan wajah kita yang sebenarnya didepan sesama kita, mungkin pula dengan permainan watak kita dapat memerankan lakon seperti diatas panggung sandiwara sehingga orang lain tidak tahu kepribadian kita yang sebenarnya. Tapi saat kita kembali berada didepan cermin, kita tetap akan dapat melihat keberadaan diri kita yang sebenarnya.

Demikian pula dengan kehidupan ini....
Apa yg  kita berikan pada hidup, hidup akan mengembalikannya pada kita.

Jika kita tersenyum pada hidup, maka hidup akan juga tersenyum pada kita ..!

Jika kita cemberut pada  hidup, maka hidup akan cemberut juga !

Jika kamu berbuat kebaikan, maka hidup akan mengembalikan kebaikan padamu ..

Jika kamu bermurah hati dan mengasihi sesama, demikian pula hidup akan bermurah hati dan mengasihimu..

Tetapi sebaliknya, jika kita egois dan merugikan sesama, maka hiduppun akan bersikap egois, pelit dan merugikan kita juga ..

PESAN MORAL :
Lakukanlah segala sesuatu  yang membangun, yang menghidupkan dan yang memberkati orang lain, baik dalam perkataan, perbuatan, sikap, dan juga tingkah laku kita. Karena ketika kita menabur berkat dan kebaikan, maka kitapun akan menuai berkat dan kebaikan itu.
Sehingga sangat tepat yang dikatakan oleh penulis Amsal, 
"Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu".

Nah sekarang, bagaimanakah cermin hati kita ???? Itulah ÿang akan dipantulkan  ...
(JAP)

No comments:

Post a Comment