Friday, October 31, 2014

Taat Pada Pimpinan Tuhan


TAAT PADA PIMPINAN TUHAN


Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi. Yosua 21 : 45.
Ayat ini menyatakan bahwa, tidak ada  janji Tuhan kepada bangsa Israel sebagai umat pilihan Allah yang tidak tergenapi. Dan Yosua yang dipakai oleh Tuhan untuk menggenapi semua janjiNya.
Pada masa kepemimpinan Musa, janji Tuhan mengenai tanah perjanjian hampir tidak tergenapi karena ketidak percayaan Israel dan ketidak taatan Musa. Musa sendiri hanya dapat melihat tanah perjanjian itu dari kejauhan, yaitu di dataran Moab dari atas puncak gunung Nebo,  dan setelah itu Musa meninggal. Namun pada akhirnya bangsa Israel dapat masuk ke tanah perjanjian di bawah kepemimpinan Yosua.

Pertanyaannya, mengapa Yosua yang dipakai oleh Tuhan untuk menggenapi janji-Nya?

1. Yosua sejak muda melayani Tuhan. Yosua dari masa mudanya telah melayani Tuhan di bawah kepemimpinan Musa. (Bil 11:28)
2. Yosua mengikut Tuhan dengan sepenuh hati (Bil 32:12)
3. Yosua selalu menjaga relasinya dengan TUHAN. Yosua tahu bahwa sumber hikmat dan kuasa asalnya dari TUHAN Allah. Ketika akan menyeberangi sungai Yordan untuk berperang, Yosua berhenti dahulu dan membangun mezbah untuk Tuhan dan membacakan taurat-Nya (Yos 3:9). Yosua menempatkan Tuhan di atas segala yang dia akan lakukan.
4. Yosua memiliki iman dan visi yang jelas didalam Tuhan. Pada waktu Yosua dan Kaleb kembali dari pengintaian, mereka bersama 10 orang lain memberikan laporan hasil dari apa yang mereka lihat di hadapan bangsa Israel. Para pengintai yang lain memberikan laporan yang sungguh menakutkan dan membuat bangsa Israel putus asa. Dalam situasi itu, Yosua dan Kaleb berdiri dan berkata, "Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya. Jika Tuhan berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya" (Bil 14:7-8).
Yosua memiliki iman yang kuat kepada TUHAN Allah, ia yakin bahwa TUHAN Allah berkuasa untuk menaklukkan musuh-musuh mereka. Keyakinannya dilatar belakangi pengalaman hidupnya bergaul dengan TUHAN Allah, sehingga Yosua memiliki visi TUHAN yang jelas tentang masa depan mereka di tanah Kanaan.

Refleksi:
Pertama, Walaupun Israel sebagai umat pilihan Allah harus mengalami sengsara di Mesir selama 3,5 abad lamanya, tetapi Tuhan tidak pernah lalai untuk menepati janji-Nya.
Kedua, Tuhan selalu punya rencana-Nya sendiri, yang bahkan tak terpikir oleh manusia. Tuhan memakai Yosua yang merupakan seorang pelayan untuk menjadi seorang pemimpin, guna menggenapi semua janji Tuhan kepada umat pilihanNya.
Ketiga, Tuhan memilih Yosua untuk menjadi pemimpin karena Yosua mengikut Tuhan dengan sepenuh hati, setia, serta taat pada pimpinanNya. Amin. (JAP)


No comments:

Post a Comment